Selasa, 14 Juni 2011

10 Lukisan Termahal Sepanjang Sejarah

10. Potret II Adele Bloch-Bauer Harga 89.1m
Adele Bloch-Bauer II adalah lukisan yang dibuat tahun 1912 oleh Gustav Klimt. Adele Bloch-Bauer adalah istri dari Ferdinand Bloch-Bauer seorang industrialis kaya yang disponsori dan didukung oleh seni Gustav Klimt. Adele Bloch-Bauer adalah satu-satunya model yang dilukis dua kali oleh Klimt, lukisan dirinya yang jauh lebih terkenal Adele Bloch-Bauer I.
9. Potret de l’artiste sans barbe 90.1m
Lukisan wajah Vincent van Gogh, bersama-sama dengan bunga matahari, beberapa dari yang paling-dikagumi dari lukisannya. Dari tahun 1886-1889 ia telah menghasilkan lebih dari 12 lukisan dengan model dirinya sendiri.
8. Dora Maar au Chat 97.0m
Dora Maar au Chat adalah lukisan yang dibuat tahun 1941 oleh Pablo Picasso. Ia menggambarkan Dora Maar, nyonya Kroasia yang sedang duduk di kursi dengan kucing kecil bertengger di bahunya. Lukisan ini terkenal di dunia dan sekarang menjadi salah satu lukisan yang paling mahal di dunia
7. Irises 97.5m
Irises adalah lukisan yang dibuat oleh seniman Belanda yaitu Vincent van Gogh. Lukisan tersebut adalah salah satu karya yang pertama dibuat olehnya ketika ia sedang di rumah sakit jiwa di Saint Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence (Perancis), pada akhir hayat sebelum kematiannya pada tahun 1890.
6. Garçon à la pipa 113.4m
Lukisan ini dimiliki oleh hartawan John Hay Whitney, pada tanggal 5 Mei 2004 lukisan ini terjual seharga $ US104.1 juta pada acara lelang di Sotheby’s di kota New York,  Setelah diberi perkiraan pra-penjualan sebesar $ 70 juta pada rumah lelang. Banyak kritikus seni yang menyatakan bahwa harga penjualan yang tinggi  dari lukisan itu lebih banyak karena nama besar artis dibandingkan dengan pentingnya jasa atau sejarah dari lukisan itu.
5. Bal au Moulin de la Galette, Montmartre 122.8m
Pada saat penjualan, lukisan ini salah satu dari dua karya seni teratas yang paling mahal yang pernah dijual pada saat itu, bersama-sama dengan Potret van Gogh Dr Gachet, yang juga dibeli oleh Saito. Saito menyebabkan kemarahan internasional ketika ia menyarankan pada tahun 1991 bahwa ia menginginkan untuk mengkremasi kedua lukisan itu dengan dirinya ketika ia meninggal. Namun, ketika Saito dan perusahaan itu mengalami kesulitan keuangan yang parah, bankir yang memegang lukisan itu sebagai jaminan untuk pinjaman mengatur penjualan rahasia melalui Sotheby’s kepada pembeli yang dirahasiakan. Meskipun tidak diketahui secara pasti, lukisan diyakini berada di tangan seorang kolektor di Swiss.
4. Potret Gachet Dr 129.7m
Ada dua versi otentik dari gambar ini, yang dilukis pada Juni 1890 selama bulan-bulan terakhir kehidupan Van Gogh. Kedua menunjukkan Dokter Gachet duduk di meja dan bersandar kepalanya ke lengan kanannya, tetapi mereka mudah dibedakan.
3. Potret I Adele Bloch-Bauer 137.6m
Potret Adele Bloch-Bauer I adalah lukisan karya Gustav Klimt yang selesai pada tahun 1907. Menurut laporan, lukisan itu dijual seharga US $ 135 juta kepada Ronald Lauder untuk galeri lukisannya “Neue Galerie” di kota New York pada bulan Juni 2006, yang membuat lukisan tersebut paling mahal yang pernah dijual pada saat itu.
2. Perempuan 140.2m III
Wanita III adalah lukisan oleh pelukis abstrak ekspresionis Willem de Kooning. Woman III adalah salah satu dari 6 lukisan karya Kooning di mana tema sentral adalah seorang perempuan. Ukuran 68 x 48 1 / 2 inci dan selesai pada tahun 1953. Pada bulan November 2006, lukisan itu dijual oleh David Geffen kepada Milliarder Steven A. Cohen sebesar $ 137.500.000, sehingga menjadi lukisan kedua termahal yang pernah dijual.
1. Nomor 5, 1948 $ 142.7m
Lukisan “Nomor 5″, Dibuat pada tahun 1948 adalah sebuah lukisan abstrak oleh Jackson Pollock (28 Januari 1912 – 11 Agustus 1956), seorang pelukis Amerika yang dikenal untuk kontribusi kepada gerakan ekspresionis abstrak. Lukisan itu dibuat pada lembar 8 x 4 meter dari papan serat, dengan cat tebal berwana coklat dan kuning drizzled di atasnya, membentuk penampilan seperti sarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar